Banyak definisi – definisi yang dikemukakan oleh para ahli mengenai fungsi – fungsi manajemen. Dan itu semua yang menyebabkan kebingungan dalam mentafsir yang mana sajakah sebenarnya yang termasuk dalam fungsi manajemen. Dibawah ini adalah ringkasan singkat dari 10 fungsi – fungsi manajemen yang dianggap mendekati sebagai suatu fungsi manajemen :
1. Meramalkan
Kegiatan memproyeksikan mengenai kejadian yang akan terjadi bila sesuatu dikerjakan.
2. Perencanaan
Penentuan serangkaian kegiatan untuk mencapai hasil yang diharapkan.
3. Organisasi
Pengelompokan kegiatan untuk mencapai tujuan brsama.
4. Penyusunan staff/personalia
Penyusunan staff yang dimulai dari penarikan, pengembangan, dan latihan tenaga kerja baru agar setiap pekerja memberikan kinerja yang makimal terhadap perusahaan.
5. Pengarahan
Kegiatan memberikan arahan, bimbingan, dan perintah dalam pelaksanaan tugas masing – masing agar sesuai tujuan yang telah ditetapkan bersama.
6. Leading
Kegiatan untuk meminta orang lain agar bertindak sesuai dengan tujuan yang ditetapkan.
7. Koordinasi
Menyelaraskan seluruh tugas yang diberikan agar tidak menjadi kacau dan saling melempar tanggung jawab terhadap sesame pekerja.
8. Motivasi
Pemberian semangat, motivasi, dan dorongan positif bagi bawahan agar mengerjakan tugas dengan penuh tanggung jawab.
9. Pengawasan
Pengecekan cara dan alat – alat pendukung agar menjamin bahwa rencana telah dilaksanakan sesuai dengan tujuan.
10. Pelaporan
Penyampaian hasil kegiatan baik tertulis ataupun secara lisan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar