Kamis, 07 April 2011

contoh artikel yang mengandung analogi

Analogi Ubi Merah

Di dunia periklanan, untuk memudahkan komunikasi, setiap produk yang akan diiklankan selalu dicari dahulu analogi dan pengandaian dari produk tersebut.
Misalnya, seandainya produk tersebut manusia, akan diibaratkan siapa.
Contoh, sebuah produk sabun mandi karena kandungan bahan-bahannya dapat membuat kulit lembut dan harum, ia diibaratkan sesosok wanita cantik yang percaya diri karena memiliki kulit lembut dan keharuman memikat.
Maka terciptalah sebuah iklan sabun yang dipakai oleh model-model cantik nan aduhai mempesona.

Nah saya jadi berfikir, kalau ubi merah dianalogi dan diandaikan seseorang, jadi siapa ya dia?
Ubi merah ini sangat unik dan bermanfaat.

Dalam tubuh mungilnya (kalau dibandingkan dengan nangka dia jauh lebih kecil) dia menyimpan kandungan yang menopang kesehatan maha dahsyat.
Ubi merah sebesar kepalan orang dewasa, beratnya kira-kira 200 gram mengandung betakaroten sekitar 5400 mikrogram, atau setara dengan 900 retinol ekivalen (RE). Angka tersebut sudah jauh di atas angka kecukupan vitamin A yang dianjurkan (350-600 RE), energi (246 kkal), protein (5,4 gram), lemak (1,58 gram), mineral (2,2 g), kalsium (60 mg), fosfor (98 mg), besi (8 mg), Vitamin B-1 (0,18 mg), vitamin B-2 (0,64 mg)dan vitamin C (40 mg).Dari berbagai sumber

Karena demikian banyak kandungan betakarotennya, ubi merah diklaim oleh para pakar herbal sebagai si ajaib yang bisa menangkal berbagai macam penyakit seperti stroke, jantung koroner, kanker, penyakit mata, reproduksi, penuaan dini, konstipasi /sembelit, sakit tenggorokan, penyakit kulit, kencing manis, melancarkan peredaran darah, menurunkan kolesterol juga mampu menghalangi laju perusakan sel oleh radikal bebas, sehingga dapat mencegah kemerosotan daya ingat dan kepikunan.

Sebegitu ajaibkah? Kenapa begitu banyak penyakit yang bisa diatasinya?
Ya! Itu semua karena ‘ulah’ betakaroten yang sangat tinggi yang terkandung dalam setiap ubi merah.
Bayangkan, secangkir ubi merah kukus yang telah dilumatkan menyimpan 50.000 SI betakaroten, setara dengan kandungan betakaroten dalam 23 cangkir brokoli! (sumber majalah Selera)

Memangnya apa fungsi betakaroten?
Fungsi betakaroten, pertama, sebagai prekursor vitamin A yang secara enzimatis berubah menjadi retinol, zat aktif vitamin A dalam tubuh.
Vitamin A sangat berperan dalam proses pertumbuhan, reproduksi, penglihatan, serta pemeliharaan sel-sel epitel pada mata. Vitamin A juga sangat penting dalam meningkatkan daya tahan dan kekebalan tubuh terhadap serangan penyakit.

Kedua, sebagai anti-oksidan yang kuat untuk menetralisir keganasan radikal bebas, penyebab penuaan dini dan pencetus aneka penyakit degeneratif seperti kanker dan penyakit jantung.
Jadi hal ini juga akan meningkatkan daya tahan dan kekebalan tubuh terhadap serangan penyakit
degeneratif.

Ketiga, menghaluskan kulit dan menyehatkan mata. Hal ini sangat penting terutama bagi wanita yang ingin berkulit halus dan memiliki kecantikan alami. (sumber : website IPB)

Setelah melihat begitu banyak kekuatan yang tersimpan dalam ubi merah, sepertinya kalau dibuat analogi dan diandaikan sebagai manusia, ubi merah itu seperti… WONDER WOMAN!
Dia memiliki kekuatan/sehat, cantik berkulit mulus dan selalu terlihat muda.

Jadi, bila Anda ingin jadi wonder woman (atau man…), makanlah ubi merah setiap hari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar