Sabtu, 20 November 2010

Positif dan Negatif pola hidup konsumtif


Indonesia saat ini telah menjadi negara kesekian untuk suatu negara yang sangat berpola hidup konsumtif, yang dikarenakan kita semua tidak pernah memikirkan bagaimana caranya sebagai produsen tetapi hanya sebagai konsumen. Mungkin dikarenakan kita tidak mempunyai kesadaran tingkat tinggi mengenai masalah ini.

Tidak seperti jepang yang sangat mengutamakan produksi untuk di eksport dibadingkan kegiatan import. Karena mereka sadar bahwa kalau mereka hanya mengandalkan import, mereka akan dimonopoli oleh negara – negara besar lainnya.

Ada sisi positif dari pola hidup sebagai masyarakat yang sering melakukan tindakan konsumtif, yaitu kita dapat mempermudah pekerjaan dalam bidang teknologi dan dapat memperluas komunikasi kita terhadap orang lain dibelahan duni lainnya.

Dan juga terdapat sisi negatifnya, yaitu kita tidak dapat menjadi berkembang maju dan menjadi sangat tergantung terhadap suatu hasil karya pihak lain dari luar kehidupan kita. Menurut saya pola hidup konsumtif lebih baik dikurangi karena tidak sangat berguna untuk kehidupan jangka panjang.

1 komentar:

  1. Yups !!!
    Benar sekali...
    Sepertinya dari masing-masing individu harus mulai sadar serta merubah gaya hidup dan pola fikirnya....

    Mengingat Indonesia merupakan sebuah negara yang kaya akan SDA, yang berpeluang besar untuk menciptakan lapangan kerja baru dan besar sebagai produsen dan pemasok barang di pasar dunia ....

    BalasHapus