Senin, 28 Desember 2009

Kebakaran Hutan di Beberapa Wilayah Indonesia

Dari dahulu hingga sekarang kita tahu Indonesia termasuk sebagai Negara yang memiliki hutan tropis yang sangat luas wilayahnya di dunia. Dan tidak kalah pamor dengan hutan tropis yang ada di Amazon, Brazil. Itu disebabkan karena masih banyaknya wilayah kepulauan di Nusantara yang diselimuti oleh hutan tropis. Diantaranya berada di pulau – pulau besar di Nusantara yaitu Borneo yang sekarang dikenal sebagai P.Kalimantan,Sumatera, Jawa, Sulawesi, Ambon, dan Papua Barat.
Hutan di Nusantara mempunyai dan terdapat banyak sekali flora dan fauna khas Indonesia yang masih lestari dan jauh dari kepunahan. Salah satunya yaitu komodo, walaupun termasuk hewan purba, tetapi populasinya masih terjaga di salah satu pulau kecil di Nusantara yang bernama Pulau Komodo. Hewan khas Indonesia lainnya yaitu Orang Utan, Burung Cendrawasih, Burung Jalak Bali, Badak bercula satu, Harimau Sumatera, Gajah Sumatera, dan masih banyak yang lainnya.
Indonesia memang merupakan suatu Negara yang terkenal sebagai wilayah Kehutanan yang terbaik di Dunia saat ini. Apalagi sekarang ini, Indonesia merupakan salah satu anggota penting di suatu forum Dunia yang membahas tentang cara mengatasi perubahan iklim tak menentu yang melanda seluruh Negara di Dunia. Tetapi terdapat kejanggalan yang timbul dimana Indonesia yang merupakan Negara dengan wilayah dan kualitas kehutanan yang terbaik di Dunia saat ini masih menyimpan masalah tentang kebakaran hutan yang sering terjadi di beberapa wilayah kehutanan di Indonesia.
Kejadian seperti ini harusnya tidak boleh terjadi dimana Indonesia sudah mulai menjadi contoh bagi Negara – Negara di Dunia sebagai Negara yang dapat menjaga kualitas kehutanan yang di nilai terbaik saat ini. Dan harusnya ini merupakan kejadian yang menjadi topik penting bagi pemerintah pusat dan pemerintah daerah untuk segera di atasi, agar keesokan hari dan suatu saat nanti kondisi kehutanan di Nusantara masih terjaga dengan baik. Yang harus dilakukan dalam jangka pendek ini adalah pembuatan UU tentang hukuman berat dan kalau perlu hukuman mati bagi yang kedapatan secara sengaja menyebabkan kebakaran hutan terjadi, dimulai dari tingkat bawah sampai bos – bos besar yang bermaksudkan membuka lahan baru dengan cara membakar hutan. Karena sangat disayangkan sekali apabila flora dan fauna khas Indonesia yang masih terjaga kelestariannya sampai saat ini akan hilang dalam jangka waktu yang singkat dalam beberapa waktu kedepan.
Dan kita pun tidak ingin anak cucu kita suatu saat nanti tidak dapat melihat langsung secara utuh flora dan fauna khas Indonesia yang hilang, karena kebakaran hutan masih sering terjadi yang disebabkan tidak adanya tindakan hukum yang tegas terhadap kesengajaan penyebab terjadinya kebakaran hutan. Maka dimulai dari lingkungan keluarga, marilah kita semua meningkatkan ketakwaan kepada Tuhan TYME serta kecintaan dan tanggung jawab kita semua terhadap lingkungan yang ada disekitar kita agar kejadian – kejadian yang dapat merugikan diri sendiri dan orang lain maupun Negara dapat dikurangi dan dapat dihilangkan dengan bertujuan kita semua dapat hidup dengan tentram dan nyaman suatu hari nanti.

4 komentar:

  1. terimakasih atas inforrmasinya

    BalasHapus
  2. eh lu tau gak anaknya dinda sama soni yg abis ngentot itu brengsek tau di kelas

    BalasHapus
  3. Lu tau gak tai kucing yg udah krenyes2 sama sinar matahari terus diinjek injek, ada permen karetnya, terus dipake buat bikin kondom, Nah itu kayak admin blog ini,

    BalasHapus