Senin, 28 Desember 2009

Penculikan Bayi

Seluruh Dunia saat ini sedang mengalami krisis ekonomi global. Tidak hanya Negara – Negara Maju yang tekena dampaknya, Negara – Negara berkembang pun ikut terkena dampak dari krisis ekonomi global yang sudah menjamur saat ini. Semua ini sangat berpengaruh terhadap stabilitas suatu Negara yang dapat mengakibatkan penurunan pendapatan pada kas anggaran suatu Negara. Khususnya bagi Indonesia, semua sektor ekonomi pada awal terjadinya krisis mengalami penurunan dan dampaknya pada rakyat yaitu semakin sulitnya bagi masyarakat kecil menengah kebawah dalam memenuhi kebutuhan hidupnya sehari – hari.
Kondisi ekonomi yang seperti ini bisa menyebabkan tingkat kejahatan semakin bertambah. Sebagai contohnya yang paling marak terjadi yaitu curanmor(pencurian kendaraan bermotor), penculikan dan perdagangan bayi, dan lainnya. Namu disini kita akan membahas mengenai penculikan bayi yang kondisinya sangat memprihatinkan karena sudah mencapai lebih dari seribu kasus kriminal. Menurut keterangan dari mantan gembong penculikan bayi, kejahatatan yang dulu pernah dia lakoni adalah karena himpitan dari tingkat ekonomi yang rendah sedangkan harga semua kebutuhan makin meningkat. Karena tuntutan ekonomi dan kurangnya kesadaran akan keimanan kepada Tuhan maka dia pun memutuskan untuk melakukan tindak kejahatan tersebut.
Modus kejahatan yang dia lakukan sangat tidak rumit, karena dia tinggal di lingkungan masyarakat kecil yang masih banyaknya angka kelahiran yang tinggi, dan karena tempat tinggal yang hanya menyewa samakin memudahkan dia berpindah tempat setelah melakukan aksinya untuk menghindari penangkapan. Dari sedikit yang dia jabarkan, dia memulai aksinya dengan berputar – putar pada suatu daerah sambil memetakan rumah mana yang memiliki bayi untuk selanjutnya disinggahi dengan berpura – pura sebagai tamu asing yang sedang mencari alamat ataupun berpura – pura menjual suatu barang dagangan tertentu. Dan dengan keahlian berbicara dan kenekatan yang dimilikinya, dia pun dengan mudah melakukan penculikan bayi pada saat dimana seorang pemilik bayi sedang dialihkan perhatiannya sewaktu pelaku mengajak berbincang. Seperti itulah modus yang dilakukan oleh kebanyakan pelaku penculikan bayi yang marak terjadi.
Maka himbauan untuk para orang tua yang memiliki bayi untuk lebih waspada kepada tindak kejahatan yang selalu akan menghampiri kita kapan pun dan dimana pun kita berada. Karena anak adalah titipan dari Tuhan yang harus kita jaga dan di berikan arahan agar kelak menjadi anak yang berguna dan berbakti bagi agama, orang tua, masyarakat dan Negara.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar